Apa Itu Proxy
Blog & Website, Home

Mengenal Apa Itu Proxy Beserta Jenis dan Fungsinya

Bagi Anda yang masih tahap pemula dalam hal jaringan, tentu belum memahami betul apa itu proxy. Dengan proxy ini lmemungkinkan penggunanya agar dapat mengakses jaringan internet dengan bantuan IP yang berbeda. IP tersebutlah yang bisa diterima oleh perangkat.

Sementara sistem inilah yang dapat bekerja menggunakan proxy server. Proxy server adalah komputer atau perangkat yang digunakan dalam menyediakan layanan proxy.

Di internet, ada banyak penawaran penyedia proxy yang bisa Anda pilih, baik itu server gratis maupun berbayar lho.

Pengertian Proxy

Pengertian Proxy
Pengertian Proxy

Apa itu proxy? Server proxy merupakan sistem yang berfungsi sebagai perantara jaringan. Contohnya pada saat Anda mengakses halaman website, maka proxy akan melakukan permintaan maupun penerimaan informasi. 

Tugasnya tersebut berasal dari website ke perangkat yang sedang Anda gunakan. Setiap jenis proxy mempunyai tingkat kerahasiaan informasi, keamanan informasi, maupun fungsinya yang berbeda.

Server proxy bekerja menyambungkan maupun menghalangi koneksi antara penerima data dengan pengirim. Seluruh data yang masuk tersebut bisa melalui satu port kemudian diteruskan ke semua jaringan dengan cara melalui port yang lain.

Apabila server proxy memblokir dua jaringan atau akses langsung, maka pihak dari hacker lebih sulit memperoleh detail jaringan pribadi maupun alamat internal.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Terkenal

Jenis Proxy 

Jenis Proxy
Jenis Proxy

Setelah mengetahui pengertian proxy, selanjutnya Anda harus tahu bahwa proxy memang terdapat banyak pilihan dan membantu untuk mengakses website.

Akan tetapi tidak semua proxy dapat bekerja dengan cara yang sama. Hal ini dikarenakan sistem kerja proxy dikategorikan melalui empat jenis, di antaranya seperti berikut: 

1. High Anonymity Proxy 

Jenis pertama ini merupakan proxy yang bekerja dengan cara menyembunyikan identitas proxy server maupun alamat IP yang digunakan pengguna. Pihak dari website hanya bisa melihat alamat IP acak dengan cara menghubungkannya dan bukan dari alamat IP milik Anda.

2. Distorting Proxy 

Pada jenis proxy kedua ini bekerja dengan cara memberikan alamat IP berbeda dari yang sedang Anda gunakan. Akan tetapi alamat IP tersebut masih tetap mengidentifikasi dirinya selaku proxy server. 

3. Transparent Proxy 

Apa itu transparent proxy? Jenis proxy ini mampu memberikan informasi ke website perihal koneksi yang menggunakan proxy server. Bahkan transparent proxy ini juga tetap meneruskan informasi IP Anda. 

4. Anonymous Proxy 

Jenis Anonymous proxy bekerja dengan mengidentifikasi dirinya sebagai produksi. Akan tetapi tidak meneruskan atau mengirimkan alamat IP asli yang sedang Anda gunakan.

Fungsi Proxy

Fungsi Proxy
Fungsi Proxy

Seperti penjelasan di atas bahwa proxy tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Oleh karena itu masing-masing produksi mempunyai tugas dan cara kerja yang berbeda.

Jika sudah mengetahui keempat jenis proxy, selanjutnya Anda perlu mengetahui fungsi dari Proxy itu sendiri. Seperti berikut: 

1. Dapat Mengakses Website pada Jaringan yang Terblokir 

Fungsi pertama yang bisa Anda peroleh jika menggunakan proxy yaitu dapat mengakses website atau jaringan yang terblokir. Terkadang memang ada beberapa konten yang disembunyikan oleh pemiliknya. Bahkan ada juga konten yang dibatasi secara geografis. 

Hal ini dikarenakan sebagian besar regulasi jaringan maupun hak cipta. Akan tetapi server proxy menyembunyikan alamat situs Anda, kemudian menggunakan alamat server proxy dengan bantuan server proxy. Maka website atau jaringan yang terblokir bisa dibuka. 

2. Pemantauan Traffic 

Proxy dapat dimanfaatkan untuk memonitoring bagi pengguna internet supaya bisa mengakses apa saja. Tentu saja hal ini sangat bagus apabila diterapkan pada lembaga pendidikan, perusahaan, institusi, maupun yang lainnya. 

Tujuan dari pemantauan traffic ini yaitu agar internet tidak disalahgunakan. Cara untuk memantau trafik ini yaitu menggunakan squid keamanan. 

3. Penghalang Website

Fungsi lain yang dimiliki oleh proxy yaitu sebagai penghalang website dan mencatat dari alamat IP asli penggunanya. Bisa saja hal ini terdeteksi oleh website yang merupakan alamat IP server proxy. 

Jika menggunakan proxy server yang sama, maka dapat melakukan koneksi online secara anonim. Tujuannya supaya mengantisipasi adanya alamat IP Anda tersebut diketahui oleh orang banyak. Sementara alamat IP bisa saja memberikan informasi negara maupun kota asal Anda.

4. Menjaga Keamanan 

Server proxy memberikan jaminan keamanan yang jauh lebih baik, terutama pada kerahasiaan data. Supaya mencegah akses menuju pada situs malware maka server proxy ini berfungsi merahasiakan data transaksi. 

Beberapa organisasi juga bisa menghubungkan server proxy pada VPN atau Virtual Private Network. Dengan begitu maka pengguna jarak jauh bisa mengakses internet cukup melalui proxy kantor saja. 

5. Meningkatkan Kecepatan dan Menyimpan Bandwidth 

Fungsi proxy yaitu untuk menyimpan cache. Sehingga ketika Anda ingin mengakses data website yang sudah pernah Anda kunjungi sebelumnya, maka proxy bisa Anda akses lagi tanpa harus menulis ulang.

Cara mengaksesnya yaitu hanya dari bagian penyimpanan. Sehingga Anda pun bisa meningkatkan kecepatan dari website yang sedang Anda gunakan. Bagaimana? Sangat menguntungkan bukan?

 

Leave a Reply