SSL adalah
Blog & Website, Digital Marketing, Home

Pahami Apa Itu SSL dan Pengaruhnya Pada SEO

SSL adalah singkatan dari secure socket layer, merupakan sebuah komponen wajib yang harus ada pada sebuah website.

Bagi orang yang setiap saat mengakses berbagai informasi pada website, pasti Anda sering melihat ikon gembok di sebelah kolom URL.

Nah, itu adalah ikon dari website yang sudah memiliki sertifikat SSL, sedangkan untuk website yang belum terpasang SSL akan menampilkan tanda yang menunjukkan bahwa website tidak aman (not secure).

Dengan dua tanda yang sudah disebutkan, tentu Anda sudah tahu betapa pentingnya SSL.

Perlu diketahui, bahwa SSL ternyata juga sangat memengaruhi rangking sebuah website dalam mesin pencarian seperti Google.

Artikel ini akan membahas apa itu SSL hingga pengaruhnya terhadap SEO secara ringkas.

Sebelum itu, Anda perlu memahami apa itu SSL.

Pengertian SSL

SSL adalah lapisan keamanan yang mengenkripsi setiap informasi yang dikirimkan client menggunakan browser menuju server, dan sebaliknya.

Pada dasarnya, SSL adalah sekumpulan kode yang terpasang pada sebuah website, di dalamnya memuat informasi website dan pemiliknya.

Tak hanya itu, SSL juga mengenkripsi semua data dan informasi yang dikirimkan pengguna saat mengakses sebuah website.

Setelah memiliki SSL, website protokol yang semula HTTP akan berubah menjadi HTTPS (hypertext transfer protocol secure)

Misalnya, Anda login pada situs Facebook yang tentu sudah menggunakan SSL, nah nantinya username dan password Anda akan dienkripsi hingga menuju server agar server memberikan respon dengan menampilkan beranda Facebook profil Anda.

Enkripsi yang digunakan pun menggunakan algoritma khusus yang mana hanya user dan client saja yang dapat membukanya, artinya pihak ketiga tidak dapat mencuri semua informasi yang dikirimkan.

Lagipula, kejahatan siber akan semakin berbahaya seiring dengan berkembangnya teknologi informasi.

Maka langkah pertama setelah membangun website adalah dengan memasang sertifikat SSL, dan dengan adanya SSL pada sebuah website, reputasinya akan meningkat di mata pengunjung.

Fungsi SSL

Pasti setelah mempelajari pengertiannya, Anda sudah dapat menyimpulkan fungsi SSL, yaitu sebagai keamanan website.

Namun, sebenarnya fungsi SSL tidak hanya itu saja, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan fungsi-fungsinya seperti berikut ini.

1. Menghindari Pencurian Data

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, SSL akan mengenkripsi semua data yang dikirimkan selama proses browsing pada website tertentu.

Dengan algoritma khusus yang dimiliki, tidak sembarang orang dapat mengaksesnya termasuk orang yang tidak bertanggung jawab.

Informasi yang dikirimkan akan diacak menjadi simbol dan huruf tak beraturan, dan hanya yang memiliki kunci inilah yang dapat mengakses informasi tersebut.

Selain itu, SSL juga menghindarkan data dikirim kepada orang yang salah.

Misalnya sebuah website belum memiliki SSL, peretas bisa memantau lalu lintas yang ada pada website termasuk semua informasi yang sedang dikirimkan.

Lalu peretas bisa saja ‘menyamar’ sebagai server yang menerima semua informasi penting, yang mana itu akan sangat membahayakan data Anda.

Namun, hal itu tidak akan terjadi pada website yang sudah aman (terpasang SSL).

2. Berpengaruh pada SEO

Google sendiri telah mengonfirmasi bahwa website yang sudah HTTPS dapat memengaruhi peringkat pada mesin pencarian, Google juga menyebutkan bahwa keamanan adalah prioritas utamanya.

Setidaknya terdapat lebih dari 200 faktor yang memengaruhi ranking website di Google, dan salah satunya adalah website yang sudah memiliki protokol HTTPS (dengan cara memasang SSL).

Bisa disimpulkan bahwa Google lebih menyukai dan mengutamakan website yang aman untuk tampil di peringkat atas SERP.

3. Meningkatkan Reputasi Website

Not Private

Reputasi website tentu sangat penting bagi Anda saat mengelola sebuah website agar tetap menjadi sumber rujukan oleh pengunjung.

Bagaimana website Anda akan mendapatkan pengunjung potensial jika pada tampilan utama website tertulis “Your connection is not private”.

Yang terjadi adalah mereka akan mencari website lain yang tentunya lebih aman dibanding website Anda.

Akhirnya, tak hanya reputasi website saja yang menurun, tetapi reputasi Anda sebagai pengelola/pemilik website juga akan turun, terlebih jika website yang Anda kelola adalah website milik perusahaan maupun instansi.

Kesimpulan

SSL adalah sertifikat keamanan yang harus ada pada sebuah website untuk menjaga keamanan dari ancaman peretas yang semakin canggih.

Fungsi SSL pun juga sangat penting, selain menjaga keamanan, SSL juga dapat menjaga reputasi Anda, serta berpengaruh pada SEO.

Nah, segera periksa apakah website Anda sudah memiliki SSL, jika belum, jangan menunda untuk memasang SSL, karena SSL adalah komponen utama yang wajib Anda perhatikan sebagai pengelola website.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda, terima kasih dan jangan lupa untuk membagikannya agar orang-orang segera sadar akan keamanan website mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *