WEBSITE DESA ADALAH
Home, Tips & Trick

Website Desa: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Di zaman sekarang ini, website desa adalah portal yang sangat berguna untuk menyampaikan semua bentuk informasi kepada masyarakat.

Seperti yang diketahui, zaman skarang adalah masa di mana semua informasi dapat dijangkau secara online (jarak jauh), tidak seperti zaman dulu yang serba sederhana, persebaran informasi tidak begitu masif.

Tak hanya itu, dengan website desa, semua yang ada di dalam pemerintah desa dapat diketahui secara transparan oleh masyarakat sekitar, mulai dari program kerja hingga anggaran desa.

Namun, karena beberapa alasalan yang salah satunya adalah belum adanya sumber daya manusia yang maksimal, beberapa desa belum memiliki website sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut, sekarang ini banyak ditemukan web builder dan CMS yang memudahkan pengguna ketika ingin membuat website tanpa harus memiliki kemampuan coding.

Untuk pembahasan yang lebih lengkap, simak artikel berikut ini, ya.

Pengertian Website Desa 

Website desa adalah sebuah laman/situs online yang dikembangkan atas perintah perangkat dalam desa maupun kelurahan.

Biasanya mereka akan melakukan proses pembuatan website ini sesuai dengan arahan dari pusat atau sesuai dengan inisiatif yang dimiliki.

Normalnya, website desa berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan desa tersebut, ada yang berisi informasi terkait dengan potensi yang dimiliki oleh desa, dan ada juga yang berisi informasi lain seperti pembagian informasi ke publik yang berhubungan dengan kegiatan desa.

Saat ini, berbagai jenis desa mulai menggalakkan pembuatan website atau situs ini agar bisa bersaing dengan desa yang lain.

Apalagi jika desa mereka memiliki potensi, baik itu secara ekonomi maupun secara sosial sehingga harus dimaksimalkan.

Salah satunya adalah dengan mempromosikan potensi sumber daya baik itu sumber daya alam ataupun budaya yang ada di sana.

Jadi kapasitas atau taraf hidup masyarakat yang ada di area tersebut bisa ditingkatkan dengan adanya situs ini.

Baca Juga: Cara Mempercepat Loading Website dengan Mudah

Manfaat Website Desa

Jika melihat perkembangan informasi dan teknologi, website desa adalah sebuah ‘alat’ yang penting bagi pemerintah desa dalam meningkatkan efektivitas kerja, karena website desa memiliki beberapa manfaat seperti:

1. Promosi Pariwisata

Manfaat yang pertama dari website desa adalah untuk melakukan promosi pariwisata dengan mudah, terlebih jika tempat wisata tersebut masih tergolong baru.

Dengan menggunakan website desa, maka berbagai informasi terkait dengan tempat wisata bisa dicantumkan secara lengkap, misalnya harga tiket, peta wisata, dan sebagainya.

Orang lain/calon wisatawan yang berada di luar desa pun akhirnya dapat mengetahui bahwa di sekitar desa tersebut terdapat sebuah objek wisata.

2. Promosi UMKM

Selain promosi objek wisata, website desa juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi UMKM.

Sudah menjadi rahasia umum jika melakukan promosi UMKM ini harus dilakukan dengan sangat baik agar memiliki jumlah pembeli yang banyak dan meningkatkan taraf hidup.

Dengan promosi secara online, maka jangkauan yang dimiliki oleh usaha di desa tersebut akan semakin besar.

Apalagi jika produk tersebut awet sehingga bisa dikirim ke berbagai tempat yang ada di Indonesia bahkan luar negeri.

3. Memberikan Informasi

Sistem informasi desa juga bisa dikembangkan dengan website desa, dan semua informasi terkait dengan desa bisa didapatkan dengan mudah sehingga masyarakat tidak perlu bertanya secara langsung ke pihak terkait.

Tak hanya itu, dengan adanya website desa yang selalu memberikan informasi, kabar simpang siur (hoax) dapat diminaimalisir.

4. Keterbukaan

Website juga bisa digunakan untuk meningkatkan keterbukaan khususnya yang berhubungan dengan anggaran hingga program kerja.

Sehingga masyarakat bisa mengetahui jika para wakil mereka di kantor desa atau kelurahan sudah menjalankan kerjanya dengan maksimal.

Cara Membuat Website Desa

Secara umum, membuat website desa dapat dilakukan sebagaimana mmebuat website biasa pada umumnya, yang di antaranya sebagai berikut.

  • Memilih terlebih dahulu domain yang nantinya akan digunakan, hanya saja untuk pemerintah desa, ekstnsi domain sudah disediakan di link kontesblog.com.
  • Memilih hosting yang paling sesuai.
  • Mendesain tampilan dari website tersebut mulai dari pembuatan logo hingga tulisan lainnya.
  • Mulai membuat konten yang nantinya akan berisi seputar informasi Desa ataupun promosi terkait dengan wisata dan UMKM.
  • Mulai membuat semacam blog yang nantinya akan dipakai untuk menyasar kata kunci tertentu.
  • Melakukan promosi di media sosial baik itu Instagram, Facebook, atau media sosial lain.

Baca Juga: Cara Membuat Website Fotografi dengan Mudah

Kesimpulan

Website desa adalah sesuatu yang sebaiknya dimiliki oleh pemerintah desa pada zaman yang serba digital seperti sekarang ini.

Dengan mengelola website desa, maka informasi dari ‘dalam’ pemerintah desa desa dapat dibagikan dengan mudah kepada masyarakat, dan bahkan oleh semua orang di mana saa yang memiliki koneksi internet.

Sayangnya saat ini hanya beberapa desa saja yang mampu melakukan proses pengelolaan dengan baik, di beberapa desa justru tidak mampu melakukan hal ini karena terkendala beberapa hal mulai dari keterbatasan sumber daya hingga dana.

Padahal, apabila dikelola dengan baik, desa bisa menjadi lebih maju dan bahkan di kemudian hari bisa menjadi salah satu aset untuk meningkatkan pendapatan warga sekitar.

Itulah mengapa website desa sebaiknya dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah pembahasan mengenai website desa, semoga dapat menambah wawasan Anda jika ingin membuat website desa.

Kunjungi kontesblog.com untuk mendapatkan informasi tentang blogging dan digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *