Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Cepat
Blog & Website, Digital Marketing, Uncategorized

Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Cepat!

Belakangan ini banyak masyarakat yang mencari tahu seputar cara mendapatkan uang dari blog. Blog bukanlah sekedar media untuk menulis berbagai artikel. Selain itu blog juga merupakan tempat dimana Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah tanpa mengeluarkan modal.

Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memulainya. Seringkali banyak orang yang mundur sebelum mulai menulis karena kesulitan menemukan ide untuk dituangkan ke dalam blog.

Hal ini disebabkan minimnya pengalaman serta kemampuan teknis. Maka dari itu bagi Anda yang ingin menjadi blogger dan menghasilkan pundi-pundi rupiah, bacalah artikel di bawah ini. Anda akan menemukan cara untuk mendapatkan uang hanya dengan membuat artikel di blog saja.

Pengertian Blog

Blog merupakan website yang mempunyai kandungan berupa content personal, baik itu berbentuk video, artikel, foto maupun link ke website yang lain. Semua itu disediakan oleh pihak penulis dari blog tersebut. 

Kebanyakan dari blog bisa berisi opini dari penulis, pengalaman pribadi penulis, observasi maupun yang lainnya. Cara mendapatkan uang dari blog ternyata juga bisa dilakukan asalkan Anda mengetahui triknya. Penulisan pada blog terdapat urutan mulai dari menemukan ide, menulis konten serta menerbitkan konten.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Tidak mengherankan jika cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan menjadi daya pikat bagi kaum milenial masa kini. Terlebih lagi langkah-langkahnya tergolong mudah. Untuk memperoleh uang dari blog, silahkan mengikuti cara berikut:

1. Membuat Blog 

Saat membuat blog, Anda harus menentukan platform yang terbaik. Untuk blog yang berkualitas pastinya berawal dari platform blog yang berkualitas juga. Platform blog yang paling banyak digunakan yaitu Joomla, Blogspot, Magento, Drupal bahkan sampai WordPress. 

Di setiap platform pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan menentukan pilihan sendiri platform yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan memberikan banyak keuntungan. Namun Anda disarankan untuk memilih WordPress. 

Alasannya karena banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh. Misalnya Anda dapat menggunakan WordPress dengan gratis. Selain itu platform ini juga cocok digunakan siapapun, baik untuk tingkat mahir maupun pemula. 

Tidak sampai di situ saja, WordPress juga mempunyai kualitas yang tinggi. Artinya WordPress cocok bagi Anda yang menginginkan penghasilan dari blog. 

2. Membuat Konten 

Pembuatan konten pada blog pastinya harus menarik dan bermanfaat. Konten yang bermanfaat artinya pembaca memperoleh solusi setelah membaca tulisan atau konten Anda. Banyak sekali persaingan dalam konten blog, maka dari itu buatlah konten yang berkualitas.

Tujuannya supaya bisa memenuhi kebutuhan pembaca. Jangan lupa untuk membuat judul yang kreatif, karena judul adalah bagian pertama yang dilihat oleh calon pembaca. 

Supaya tampilan menjadi lebih menarik dan profesional, silahkan tambahkan media visual, bisa berupa foto, gambar ilustrasi, video, atau infografik. 

3. Meningkatkan Kualitas SEO 

Anda harus mempunyai kualitas yang baik agar dapat menjaring pembaca dari Google lebih banyak lagi. Paling tidak konten yang sudah Anda buat tersebut muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian Google. 

Dengan demikian hal ini lebih memudahkan para calon pembaca. Untuk membangun kualitas SEO pastinya membutuhkan perjuangan. Sehingga kualitas SEO tidak bisa dilakukan hanya dalam semalam.

 4. Mempromosikan Blog 

Cara paling mudah untuk mempromosikan blog yaitu melalui media sosial. Banyak sekali sosial media yang bisa Anda manfaatkan, seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, Kaskus maupun yang lainnya.

Sumber Penghasilan Blog

Setelah selesai membuat serta mengembangkan blog dari sisi konten dan pembaca, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui dari mana asal pendapatan Anda dari blog itu. Berikut sumber penghasilan yang berasal dari blog:

1. Dari Penawaran Jasa atau Layanan 

Cara mendapatkan uang dari blog selanjutnya yaitu dengan membangun penawaran layanan maupun jasa. Semakin lama Anda belajar, maka akan semakin handal pula. Sehingga pengetahuan dan skill yang Anda tawarkan kepada blogger atau visitor pun semakin memadai.

Penawaran jasa maupun layanan tersebut dapat bersifat freelance atau lepas, yaitu sebagai guide bagi pembaca yang merasa tertarik. Jasa atau layanan yang bisa ditawarkan yaitu seperti jasa desain, jasa pelatihan, bahkan sampai dengan jasa teknik penulisan. 

2. Dari Iklan 

Cara mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan bisa dilakukan melalui iklan yang dipasang pada blog. Misalnya iklan tersebut ditempatkan di postingan, pemasangan banner, maupun menempatkannya di dalam artikel. 

Namun sebelum memperoleh iklan, maka blog yang Anda miliki tersebut harus mempunyai traffic pembaca atau pengunjung yang tinggi. Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya memasang Google Adsense terlebih dahulu.

Kehadiran Google Adsense inilah yang lebih memungkinkan blog bisa memperoleh iklan meskipun masih berada dalam skala visitor. Bahkan sekarang ini juga banyak cara mendapatkan uang dari Google Adsense tanpa blog. 

3. Review Produk 

Ternyata Anda pun juga bisa memperoleh penghasilan dari blog dengan cara mereview produk tertentu atau endorse. Kebanyakan dari produk review ini berupa kosmetik, clothing, gadget, maupun yang lainnya. 

Saat Anda ingin membangun sumber penghasilan dari blog melalui reviews, maka konten yang harus Anda buat itu harus berkualitas dan senatural mungkin. Jangan terlalu mengarah ke hard selling. Namun justru lebih ke soft selling yaitu sifatnya membujuk.

4. Dari Content Placement 

Content placement juga menjadi sumber penghasilan blogger. Content placement atau penempatan content hanya mengharuskan pemilik blog untuk menempatkan artikel yang bukan karya Anda ke dalam blog. 

Sehingga Anda tidak perlu menulis sendiri, karena sudah dipersiapkan oleh pihak pemasang. Tugas Anda yaitu cukup dengan mempublikasikan tulisan tersebut, maka sudah bisa memperoleh uang.

5. Mengikuti Program Afiliasi

Pernahkah Anda mendengar program affiliate marketing atau afiliasi? Afiliasi merupakan strategi pemasaran online yang dilakukan oleh pihak ketiga atau pengiklan atau afiliasi. Jadi setiap si pengiklan berhasil menjual produk dari pihak pertama, maka pihak afiliasi akan mendapatkan komisi.

Yang mana pihak pertama atau brand memberikan link referal kepada pihak ketiga untuk dipasang di situs mereka. Afiliasi akan mendapatkan komisi jika pembelian berasal dari link referal yang dipasang.

Penutup

Bagaimana, sudah tahukan cara mendapatkan uang dari blog dengan mudah? Jadi, kapan Anda akan memulai membuat blog? Jangan ditunda-tunda ya! Segera mulai dengan mencari layanan hosting serta nama domain.

Setelah membuat blog, lanjut saja untuk membuat konten. Jangan lupa, konten yang dibuat haruslah berkualitas. Jangan asal panjang namun tidak informatif. Satu lagi, ketika menjalankan blog Anda harus konsisten ya, karna untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari blog membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *